KULIAH GRATIS KE LUAR NEGERI, MAU?

Diposting oleh pers anak langit uniska Kamis, 24 September 2009

Penulis : Dina Mardiana
Penerbit : Lingkar Pena
Tebal : 186 hlm
Harga : Rp 33.000,-

Siapa sih yang nggak mau kuliah ke luar negeri? Buka soal gengsi, tapi harus diakui bahwa pendidikan di luar negeri masih lebih baik ketimbang di dalam negeri. Habis, duit yang harusnya buat bangun sekolah malah dikorupsi (teteeep ngritik, he…). Selain itu, banyak juga keuntungan kuliah ke luar negeri. Seperti mendapat pengalaman baru, bisa mengenal bangsa lain, dan juga sebagai pembuktian bahwa kita nggak cuma jago kandang. Tul nggak?

Cuma, kuliah ke luar negeri tentu aja nggak murah. Tapi ada juga yang gatis tis tis…! Mau? Syaratnya satu aja, kamu mesti dapat beasiswa. Sudah banyak lho orang Indonesia yang dapat beasiswa kuliah ke Amerika, Inggris, Belanda, Jepang, Mesir, de el el. Orang Indonesia tuh nggak kalah pintar, lagi! Itu artinya, kita juga bisa. Asal tau caranya.

Nah, kalau kamu pengen memperoleh info lengkap dari A-Z soal kuliah gratis ke luar negeri, kamu mesti baca buku ini! Isinya komplet banget. Mulai soal persyaratan; langkah-langkah untuk mendaftar; penjelasan tentang TOEFL, IELTS (tes kemampuan bahasa Inggris), GMAT (tes kemampuan calon mahasiswa tingkat lanjut bidang bisnis dan manajemen), GRE (tes kemampuan calon mahasiswa setaraf S2 bidang studi tertentu, seperti Sains, Psikologi, dan Sastra Inggris); tips-tips pribadi dari penulis, yang merupakan peraih beasiswa ke Turki, Italia, dan beasiswa unggulan Depdiknas, bagaimana strategi memenangkan dua sampai tiga beasiswa sekaligus; jenis-jenis beasiswa plus informasi negara-negara yang menyediakan beasiswa tersebut; contoh esai, surat motivasi, proposal penelitian, surat rekomendasi, dan CV standar internasional (ini adalah sejumlah dokumen yang biasanya harus disertakan dalam lamaran beasiswa); apa yang harus kita lakukan setelah lulus seleksi; bagaimana mengurus visa; sampai bagaimana mengatasi culture shock ketika kita berada di sebuah negara yang asing.

Masih ada yang kurang? Di bagian akhir buku ini masih ada lagi halaman tanya jawab, alamat-alamat kedutaan besar, dan daftar sepuluh negara tujuan favorit pelajar Indonesia.

Tapi pastinya, membaca buku ini aja belum jaminan 100% kita bisa meraih beasiswa yang kita inginkan. Semua kembali lagi pada usaha kita. Kadang untuk mendapatkan satu beasiswa aja kita harus bersaing dengan ribuan orang. Tapi jangan juga berkecil hati. Kalau kita sudah berani bermimpi, berarti kita juga harus berani menempuh resiko untuk mewujudkannya. Yang penting adalah kita harus memulai dulu. Dan memiliki buku ini bisa jadi langkah awal yang baik.

“Ini buku yang harus dibaca siapa saja yang ingin melakukan lompatan agar meraih hidup lebih baik dan mengambil kesempatan terbaik yang sebenarnya ada di depan mata. Ditulis oleh peraih beasiswa ke mancanegara, dengan sangat komplit dan gaya bahasa yang sumpah enak banget! Wajib dibaca siapa pun yang ingin menghidupkan mimpi!”
(Asma Nadia, Penulis dan CEO Penerbitan, Peraih Writers in Residence-6 months in Korea)



0 komentar

Posting Komentar